Pesona Gua Mabala di Sabu Raiju

Sabu Raijua adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kali ini Saya berkunjung ke Sabu bersama teman-teman dan berkesempatan untuk mengunjungi Gua Mabala. Untuk di Ketahui Gua Mabala terletak di Desa Emau, Kecamatan Sabu Tengah, Kabupaten Sabu Raijua. Jarak dari Kota Seba, Ibu Kota Kabupaten Sabu Raijua ke Gua Mabala kurang lebih 11 kilometer dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Asal Usul Nama Gua Mabala

Gua Mabala selain indah, juga memiliki cerita masa lampau yang patut kita ketahui. Nama Mabala sendiri tidak muncul begitu saja, melainkan diambil dari salah satu satria atau orang sakti yang mana pada saat perang menjadikan Gua ini sebagai tempat persembunyian. Nama kesatria itu adalah Mabala sehingga nama tempat ini adalah Gua Mabala. Salah satu batu tempat di mana biasanya orang menggunakan untuk foto dipercaya sebagai tempat duduk dari kesatria.

 

Tempat duduk Satria Mabala

Tidak seperti Gua pada umumnya, yang ana berada di atas perbukitan, Gua ini lumayan unik karena kita harus menuruni tangga untuk mengeksplore. Terletak di bawah pohon beringin yang rindang dan pengelolah sudah merancangnya sehingga kita dapat mengaksesnya dengan mudah.

Jika kalian melihat foto di atas ada lobang yang cukup dalam, menurut penjaga tempat ini Maria Imakulata Ice Pau, bila kita cukup punya nyali maka kita bisa menelusurinya dan tembus hingga ke pantai yang tidak jauh dari Gua Mabala ini. Namun, itu tidak direkomendasikan karena beresiko.

Masyarakat sekitar biasanya memasang jerat untuk menangkap kelelawar di sini. Lobang yang saya maksud, bila kita masuk maka kita akan mendengar suara kelelawar. Jerat yang pakai adalah ranting kayu buah bidara yang diletakkan tepat selah-selah lubang Gua.

Gua Mabala - - Sabu Raijua

Setelah kalian masuk ke dalam Gua Mabala ini, saya yakin kalian akan merasa sejuk sekali. Kalau kalian pernah membuka kulkas, nah kira-kira seperti itulah rasanya. Menurut pengalaman saya, setelah capek karena terik matahari, semuanya itu terbayar lunas dengan keindahan tempat ini dan kesejukan tempat ini tentunya.

Kalian juga dapat menceritakan pengalaman Anda di sini loh guys. Bergabung sekarang

Area Luar dari Gua Mabala

Belum selesai yah… Selain Pesona dari Gua Mabala, kalian juga dapat mengexplore tempat-tempat di sekitaran Gua Mabala ini seperti :

  1. View (Pemandangan) Laut dari Lopo yang disediakan oleh pengelolah.
  2. Duduk dan menikmati makan siang di Lopo

Beberapa lopo pada saat saya kunjungi ada yang rusak, namun hal itu tidak mengurangi sukacita. Hanya ada 1 Lopo saja yang memang rusak parah yang diakibatkan oleh Badai Seroja pada tahun lalu. seharusnya sudah dapat diperbaiki, kita tunggu saja dari pemerintah setempat yah guys…

Fasilitas Wisata Alam Gua Mabala

Kalian tidak perlu kuatir bila datang ke tempat ini, karena Wisata Alam satu ini sudah dilengkapi dengan :

  1. Jalan masuk beton yang membuat Anda tidak perlu takut harus melewati rerumputan.
  2. Tempat berteduh atau lopo
  3. Kamar kecil atau Toilet

Retribusi Wisata Alam Gua Mabala

Untuk menikmati keindahan Gua Mabala, pengelolah tidak mematok harga yang pasti. Saya tidak bertanya terkait hal itu!! Yang pasti, bila kita melihat fasilitas yang disediakan, maka patut rasanya memberikan retribusi yang sewajarnya kepada pengelolah sehingga hal itu dapat membantu perekonomian mereka.

Akhirnya, mungkin itu dulu yah teman-teman. Jika ada yang ingin ditambahkan mohon berikan komentar di bawah.

Share your love
Avatar photo
Edri Brow

Founder of East Nusa Tenggara
Website Design, Media Sosial Manajemen dan Konten Kreator.

Articles: 102
Sombra Coffee